topbella

Wednesday, December 31, 2014

Tung-tung Calistung (Memahami Standar Perkembangan Anak)

Seringkali, ada ortu-ortu para balita yang anaknya masih TK bahkan playgroup, nyeletuk atau berkomentar, "Eh, si A anak saya ini sudah bisa baca, padahal usianya baru bla bla bla."

"Masih kecil tapi dah pinter nulis lho anak saya."

"Kalo soal itung-itungan, anak saya ini paling jago dibanding temen-temennya."

Dan bla-bla-bla lainnya...

Anak-anak yang belum bisa baca, nulis atau ngitung, dianggap "kurang mampu", " kurang cerdas", "kalah pintar" dibanding anak seusianya yang sudah mahir calistung.

Padahal, sebenarnya... Anak-anak kita di usia balitanya, tidak sedang ikut lomba calistung, yang kemampuannya dan kecerdasannya hanya diukur dari aspek calistung/kognitif saja. Ada aspek emosi, sosial, motorik dan psikomotorik yang seharusnya juga menjadi konsentrasi kita dalam mendidik anak-anak balita itu.

Pernah baca, hanya perlu waktu 3 bulan untuk melatih seorang anak bisa itung-itungan. Tapi, butuh waktu lebih dari 15 tahun untuk bisa membuat seorang anak mampu mengendalikan emosi, berempati, peduli teman dan lingkungan serta memiliki karakter yang baik.

Lagipula, kalo kita baca standar tingkat pencapaian perkembangan anak usia paud/balita, mereka baru pada tahap mengenal lambang bilangan dan angka, konsep banyak sedikit, dll. Sebagaimana tabel yang dikutip dari Permendiknas berikut :

Tingkat Pencapaian Perkembangan Kelompok Usia 4 – ≤ 6 Tahun

LINGKUP PERKEMBANGAN TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN USIA 4   -  <5 TAHUN & USIA 5  -   ≤6 TAHUN

I. Nilai-nilai Agama dan Moral

USIA 4   -  <5 TAHUN
1.  Mengenal Tuhan melalui agamayang dianutnya.

2.  Meniru gerakan beribadah.

3.  Mengucapkan doa sebelum dan/atau sesudah melakukan sesuatu.

4.  Mengenal perilaku baik/sopan dan buruk.

5.  Membiasakan diri berperilaku baik.

6.  Mengucapkan salam dan membalas salam.

1.  Mengenal agama yang dianut.

2.  Membiasakan diri beribadah.

3.  Memahami perilaku mulia (jujur, penolong, sopan, hormat, dsb).

4.  Membedakan perilaku baik dan buruk.

5.  Mengenal ritual dan hari besar agama. 

6.  Menghormati agama orang lain.

II. Fisik

A. Motorik Kasar 

USIA 4   -  <5 TAHUN
1.  Menirukan gerakan binatang, pohon tertiup angin, pesawat  terbang, dsb.

2.  Melakukan gerakan meng-gantung (bergelayut).

3.  Melakukan gerakan melompat, meloncat, dan berlari secara terkoordinasi

4.  Melempar sesuatu secara terarah

5.  Menangkap sesuatu secara tepat

6.  Melakukan gerakan antisipasi

7.  Menendang sesuatu secara terarah

8.  Memanfaatkan alat permainan di luar kelas.

USIA 5  -   ≤6 TAHUN
1.  Melakukan gerakan tubuh secara terkoordinasi untuk melatih kelenturan, keseimbangan,dan kelincahan.

2.  Melakukan koordinasi gerakan kaki-tangan-kepala dalam menirukan tarian atau senam.

3.  Melakukan permainan fisik dengan aturan.

4.  Terampil menggunakan tangan kanan dan kiri.

5.  Melakukan kegiatan kebersihan diri. 

B. Motorik Halus

USIA 4   -  <5 TAHUN
1.  Membuat garis vertikal, horizontal, lengkung kiri/kanan, miring kiri/kanan, dan lingkaran.

2.  Menjiplak bentuk.

3.  Mengkoordinasikan mata dan tangan untuk melakukan gerakan yang rumit.

4.  Melakukan gerakan manipulatif untuk menghasilkan suatu bentuk dengan menggunakan berbagai media. 

5.  Mengekspresikan diri dengan berkarya seni menggunakan berbagai media.

USIA 5  -   ≤6 TAHUN
1.  Menggambar sesuai gagasan-nya.

2.  Meniru bentuk.

3.  Melakukan eksplorasi dengan berbagai media dan kegiatan.

4.  Menggunakan alat tulis dengan benar.

5.  Menggunting sesuai dengan pola.

6.  Menempel gambar dengan tepat.

7.  Mengekspresikan diri melalui gerakan menggambar secara detail. 

C. Kesehatan Fisik

USIA 4   -  <5 TAHUN
1.  Memiliki kesesuaian antara usia dengan berat badan.

2.  Memiliki kesesuaian antara usia dengan tinggi badan.

3.  Memiliki kesesuaian antara tinggi dengan berat badan.

USIA 5  -   ≤6 TAHUN
1.  Memiliki kesesuaian antara usia dengan berat badan.

2.  Memiliki kesesuaian antara usia dengan tinggi badan.

3.  Memiliki kesesuaian antara tinggi dengan berat badan.

III. Kognitif

A. Pengetahuan umum dan sains

USIA 4   -  <5 TAHUN
1.  Mengenal benda berdasarkan fungsi (pisau untuk memotong, pensil untuk menulis).

2.  Menggunakan benda-benda sebagai permainan simbolik (kursi sebagai mobil).

3.  Mengenal gejala sebab-akibat yang terkait dengan dirinya.

4.  Mengenal konsep sederhana dalam kehidupan sehari-hari (gerimis, hujan, gelap, terang, temaram, dsb).

5.  Mengkreasikan sesuatu sesuai dengan idenya sendiri

USIA 5  -   ≤6 TAHUN
1.  Mengklasifikasi benda berdasarkan fungsi.

2.  Menunjukkan aktivitas yang bersifat eksploratif dan menyelidik (seperti: apa yang terjadi ketika air ditumpahkan).

3.  Menyusun perencanaan kegiatan yang akan dilakukan.

4.  Mengenal sebab-akibat tentang  lingkungannya (angin bertiup menyebabkan daun bergerak, air  dapat menyebabkan sesuatu menjadi basah.)

5.  Menunjukkan inisiatif dalam memilih tema  permainan (seperti: ”ayo  kita bermain  pura-pura seperti burung”).

6.  Memecahkan masalah seder-hana dalam kehidupan sehari-hari.

B. Konsep  bentuk, warna, ukuran dan pola

USIA 4   -  <5 TAHUN
1.  Mengklasifikasikan benda berdasarkan bentuk atau warna atau ukuran.

2.  Mengklasiifikasikan benda ke dalam kelompok yang sama atau kelompok yang sejenis atau kelompok yang berpasangan dengan 2 variasi.

3.  Mengenal pola AB-AB dan ABC-ABC.

4.  Mengurutkan benda berdasar-kan 5 seriasi ukuran atau warna.

USIA 5  -   ≤6 TAHUN
1.  Mengenal perbedaan berdasarkan ukuran: “lebih dari”; “kurang dari”; dan “paling/ter”.

2.  Mengklasifikasikan benda berdasarkan warna, bentuk, dan ukuran (3 variasi)

3.  Mengklasifikasikan benda yang lebih banyak ke dalam kelompok yang sama atau kelompok yang sejenis, atau kelompok berpasangan yang lebih dari 2 variasi.

4.  Mengenal pola ABCD-ABCD.

5.  Mengurutkan benda berdasar-kan ukuran dari paling kecil ke paling besar atau sebaliknya.

C. Konsep bilangan, lambang bilangan dan huruf 

USIA 4   -  <5 TAHUN
1.  Mengetahui konsep banyak dan sedikit. 

2.  Membilang banyak benda satu sampai sepuluh.

3.  Mengenal konsep bilangan. 

4.  Mengenal lambang bilangan. 

5.  Mengenal lambang huruf.

USIA 5  -   ≤6 TAHUN
1.  Menyebutkan lambang bilangan 1-10.

2.  Mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan.

3.  Mengenal berbagai macam lambang huruf vokal dan konsonan.

IV. Bahasa

A. Menerima bahasa

USIA 4   -  <5 TAHUN
1.  Menyimak perkataan orang lain (bahasa ibu atau bahasa lainnya).

2.  Mengerti dua perintah yang diberikan bersamaan.

3.  Memahami cerita yang dibacakan 

4.  Mengenal perbendaharaan kata mengenai kata sifat (nakal, pelit, baik hati, berani, baik, jelek, dsb.)

USIA 5  -   ≤6 TAHUN
1.  Mengerti beberapa perintah secara bersamaan.

2.  Mengulang kalimat yang lebih kompleks.

3.  Memahami aturan dalam suatu permainan.

B. Mengungkapkan Bahasa

USIA 4   -  <5 TAHUN
1.  Mengulang kalimat sederhana.

2.  Menjawab pertanyaan sederhana.

3.  Mengungkapkan perasaan dengan kata sifat (baik, senang, nakal, pelit, baik hati, berani, baik, jelek, dsb.).

4.  Menyebutkan kata-kata yang dikenal.  

5.  Mengutarakan pendapat kepada orang lain.

6.  Menyatakan alasan terhadap sesuatu yang diinginkan atau ketidaksetujuan.

7.  Menceritakan kembali cerita/ dongeng yang pernah didengar.

USIA 5  -   ≤6 TAHUN
1.  Menjawab pertanyaan yang lebihkompleks.

2.  Menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi yang sama.

3.  Berkomunikasi secara lisan,  memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal simbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung.

4.  Menyusun kalimat sederhana dalam struktur lengkap (pokok kalimat-predikat-keterangan).

5.  Memiliki lebih banyak kata-kata untuk  mengekpresikan ide pada orang lain.

6.  Melanjutkan sebagian cerita/ dongeng yang telah diper-dengarkan.

C. Keaksaraan

USIA 4   -  <5 TAHUN
1.  Mengenal simbol-simbol.

2.  Mengenal suara–suara hewan/ benda yang ada di sekitarnya.

3.  Membuat coretan yang bermakna. 

4.  Meniru huruf.

USIA 5  -   ≤6 TAHUN
1.  Menyebutkan simbol-simbol huruf yang dikenal.

2.  Mengenal suara huruf  awal dari nama benda-benda yang ada di sekitarnya.

3.  Menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi/huruf awal yang sama.

4.  Memahami hubungan antara bunyi dan bentuk huruf.

5.  Membaca nama sendiri.

6.  Menuliskan nama sendiri.

V. Sosial emosional 

USIA 4   -  <5 TAHUN
1.  Menunjukkan sikap mandiri  dalam memilih kegiatan.

2.  Mau berbagi, menolong, dan membantu teman.

3.  Menunjukan antusiasme dalam melakukan permainan kompetitif secara positif.

4.  Mengendalikan perasaan. 

5.  Menaati aturan yang berlaku dalam suatu permainan.

6.  Menunjukkan rasa percaya diri.

7.  Menjaga diri sendiri dari lingkungannya. 

8.  Menghargai orang lain.

USIA 5  -   ≤6 TAHUN
1.  Bersikap kooperatif dengan teman.

2.  Menunjukkan sikap toleran.

3.  Mengekspresikan emosi yang sesuai dengan kondisi yang ada (senang-sedih-antusias dsb.)

4.  Mengenal tata krama dan sopan santun sesuai dengan nilai sosial budaya setempat.

5.  Memahami peraturan dan disiplin.

6.  Menunjukkan rasa empati.

7.  Memiliki sikap gigih (tidak mudah menyerah).

8.  Bangga terhadap hasil karya sendiri.

9.  Menghargai keunggulan orang lain.

Hemm.. Jangan-jangan, karena kurang pahamnya kita akan standar perkembangan sesuai usia anak tersebut, ketika anak-anak kita belum bisa calistung di usia TK mereka, bisa jadi merasa galau bahwa anak kita "kurang mampu", "kurang cerdas" atau "kalah pintar" dibanding anak seusianya yang sudah mahir calistung.

Selain itu, ada banyak aspek lain yang seharusnya kita ajarkan pada anak2 usia dini kita. Dan yang paling penting adalah... Mereka bahagia menjalani fase childhood mereka tanpa beban dan tekanan...

0 komentar: